Tips Membuat Dokumen Untuk Presentasi

Pada era sekarang, presentasi sudah bukan menjadi hal tabu lagi untuk dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hampir seluruh aspek kehidupan menggunakan presentasi untuk menjelaskan sesuatu kepada seseorang, kelompok, dan sebagainya. Oleh karena itu presentasi merupakan suatu skill dasar yang wajib dimiliki oleh semua orang. Presentasi pun terbagi menjadi 2 yaitu, Presentasi Online dan Presentasi Offline. Bagi orang awam, pastinya banyak yang memilih presentasi online dikarenakan mudah untuk dilakukan karena tidak perlu melihat audience yang sedang memperhatikan apa yang sedang dijelaskan. Namun, untuk seseorang yang ahli dan sangat bisa untuk berpresentasi sangat menyukai presentasi secara offline. Hal ini dikarenakan, seseorang yang ahli dalam presentasi sangat membutuhkan audience agar memudahkan dalam menjelaskan apa yang sedang dipresentasikan. Selain itu, seseorang ahli akan lebih pede secara offline ketimbang online karena bisa bermain banyak cara seperti tanya jawab, mini quiz dan masih banyak lagi yang tujuannya agar membuat para pendengar (audience) tidak merasa bosan karena penjelasan yang cukup rumit.

         Selain itu, terdapat cara untuk menjadi ahli dalam presentasi. Tidak hanya dalam public speaking kepada audience, tetapi cara menyiapkan materi juga diperlukan dipersiapkan dengan sangat amat matang. Berikut merupakan cara membuat presentasi yang dapat dilihat orang sebagai seseorang yang ahli dalam membuat presentasi baik online / offline :

  • Tema (Online / Offline)

Dalam presentasi, tema presentasi sangat dibutuhkan dikarenakan kita perlu mengetahui audience kita lebih menyukai tema apa. Maka dari itu, kita perlu memilih tema yang sesuai. 

  •  Colouring

Dalam membuat presentasi yang baik, pewarnaan yang baik juga diperlukan dikarenakan warna yang simple dan indah yang tentunya eye catching tentu menarik audience untuk melihat apa isi materi yang akan dipresentasikan.

  •  Penulisan materi

Dalam membuat presentasi, penulisan materi sangat dibutuhkan karena presentasi yang baik hanya memerlukan kurang lebih 12 slide untuk 45 menit. Hal ini perlu kita telaah lebih lanjut dikarenakan audiens akan jenuh jika slide yang di jejerkan sangat amat banyak. Maka dari itu, pergunakannya kerangka-kerangka kalimat dalam presentasi sehingga dapat menghemat slide dan juga membuat orang tertarik karena kita sebagai presenter itu menjelaskan bukan hanya membaca.

Setelah mengetahui cara membuat presentasi yang baik benar, kami telah merangkum dan merekomendasikan mengenai aplikasi-aplikasi yang sangat baik untuk presentasi :

  • Powerpoint

Powerpoint merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft office yang dibuat dengan tujuan untuk presentasi. Alasan ini dipilih adalah mudahnya untuk mendesain walaupun sebagian besar orang hanya menggunakan beberapa kelebihan dari powerpoint tersebut . Namun, powerpoint akan sangat efektif jika kamu telah expert dalam menggunakannya karena banyak sekali efek dan filter yang sangat bagus di powerpoint yang tidak ada di aplikasi lainnya.

  • Canva

Canva juga merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk presentasi. Bagi yang menyukai abstrak, design anak-anak, dan gradien sangat direkomendasikan untuk menggunakan canva sebagai media untuk membuat presentasi. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang mudah dan juga tidak sulit bagi pemula.

  • Prezi

Prezi merupakan salah satu aplikasi yang menurut artikel ini sangat diminati orang berbagai kalangan. Mulai dari perkantoran, Pendidikan, edukasi dan sebagainya. Hal ini dikarenakan efek move slide to slide nya yang tidak ada di aplikasi lainnya sehingga prezi menjadi andalan orang dari berbagai kalangan. Selain itu Prezi sangat cocok untuk ditujukan ke target manapun karena bisa design anak-anak, perkantoran, sekolah dan masih banyak lagi.

Leave a Comment